Rabu, 02 Juni 2010

Mencerdaskan Masyarakat Lewat Perpustakaan Keliling

Anak-anak sekolah itu bersorak ketika mobil yang membawa buku-buku kesukaan mereka memasuki halaman sekolah. Tak sabar rasanya membaca cerita-cerita dalam buku itu. Dengan tertib mereka memilih buku dan membolak-balik setiap lembar halamannya. Lalu anak-anak itu saling memperbincangkan tokoh yang ada dalam buku dengan antusiasnya.

Tak hanya anak-anak, beberapa kalangan masyarakat pun ikut bergabung untuk mencari buku yang bisa menambah wawasan maupun jiwa kewirausahaan mereka.

Semangat belajar itulah yang ingin selalu dikembangkan PT Adaro Indonesia melalui perpustakaan kelilingnya. Sebuah “mobil baca” yang saat ini berisi koleksi buku-buku hingga mencapai 11.854 eksemplar dan 4229 judul buku. Mobil yang kini berjumlah tiga unit ini berkeliling di wilayah Kabupaten Balangan, Tabalong dan Barito Timur untuk mengunjungi para anggotanya yang tidak terbatas anak-anak sekolah namun juga masyarakat umum.

Sejak diluncurkan 2 Mei 2006 silam, perpustakaan keliling ini terus diminati, hingga jumlah anggotanya mencapai 4.048 orang. Ini karena Lembaga Pengembangan Potensi Pendidikan Adaro Partners (LP3AP) terus menambah koleksi buku-bukunya dengan buku-buku yang dibutuhkan masyarakat. Buku-buku seperti sastra/ cerita yang mengandung pesan moral banyak diminati pembaca.

Selain itu, dari riset LP3AP diketahui keterampilan masyarakat dalam mengolah sumber daya alamnya masih kurang. Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, maka diperbanyak koleksi buku seperti buku-buku yang terkait budidaya karet, perikanan dan pertanian. Diharapkan perpustakaan keliling dapat menjadi referensi bagi pembaca buku-buku life skill.

Mobil baca ini memiliki tujuan tidak hanya memberikan tambahan wawasan namun juga ketrampilan karyawan yang mengoperasikan mobil ini. Mereka terdiri dari dari satu orang kepala perpustakaan, 4 orang staf, dan 3 orang sopir yang dalam pekerjaan kesehariannya bekerja multiperan. Tenaga teknis perpustakaan misalnya, juga merangkap sebagai tenaga administrasi agar semua petugas perpustakaan dapat berperan aktif mengelola Perpustakaan Keliling.

Perpustakaan Keliling menerapkan standar sistem manajemen perpustakaan dalam mengelola buku-buku agar masyarakat pemakai memperoleh kenyamanan dan kemudahan untuk memperoleh informasi. Untuk menjadi anggota dan kemudian meminjam buku sangat mudah. Cukup isi formulir pendaftaran dan penyelesaian administrasi.

PT Adaro Indonesia selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat melalui terobosan-terobosannya di bidang pendidikan. Dengan membangun budaya literasi di masyarakat diharapkan terbentuk masyarakat yang selalu ingin mengembangkan wawasannya sehingga kemajuan masyarakat di wilayah operasional Adaro dapat ditingkatkan.



Sumber : http://ads2.kompas.com/layer/adaro/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar