Rabu, 02 Juni 2010

Home Berita Terkini Hunian Arsitektur Konstruksi Kawasan Terpadu Kolom Figur Tips Video Iklan Baris Home / Jalan Layang Antasari 5,5 Km Dibangun Agus

Pembangunan proyek jalan layang non-tol dari Antasari senilai Rp1,3 triliun direncanakan segera dimulai pada Agustus 2010, dan saat ini sedang dalam proses lelang.

"Untuk tahap pertama, pembangunan infrastruktur akan difokuskan mulai dari Pasar Cipete menuju lapangan Markas Besar Polri, dan Blok M. Panjangnya total mencapai 5,5 kilometer," kata Kepala Seksi Perencanaan Jembatan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Ahmad Saiful di Jakarta, Rabu. Diharapkan jalan layang itu dapat diselesaikan pada tahun 2012 sehingga dapat mengurai kemacetan di daerah itu.

Jalan layang Antasari disebut Saiful akan menghubungkan Jalan TB Simatupang dengan Jalan Jenderal Sudirman dengan tahap pertama pembangunan akan dimulai dari Pasar Cipete ke Blok M.

Jalan layang itu akan dibangun dengan lebar sembilan meter dan tinggi hingga 12 meter dari permukaan jalan yang ada saat ini di mana disain dibuat agar ruas jalan di bawahnya tetap memiliki pencahayaan yang baik dan memungkinkan keberadaan tumbuhan tinggi.

Cara itu disebut Saiful meniru konsep jalan layang di negara Jepang yang banyak membangun jalan layang hingga lima susun. Pintu masuk dan keluar akan dibuat di ujung Jalan TB Simatupang, di depan Pasar Cipete, kantor Walikota Jakarta Selatan, lapangan Mabes Polri dan Jalan Sudirman.

Proses pembangunan dapat segera dilakukan karena Pemprov DKI tidak perlu melakukan pembebasan lahan, melainkan menggunakan wilayah ruas jalan yang sudah ada. "Sebisa mungkin kita hindari pembebasan lahan," kata Saiful.

Selain jalan layang Antasari-Blok M, Pemprov juga akan memulai pembangunan jalan layang Kampung Melayu-Tanah Abang secara simultan di mana proyek senilai Rp800 miliar itu telah memasuki proses lelang juga.

Ruas jalan layang itu akan dibuat lebih lebar dari Antasari yakni lebar 10,5 meter dengan ketinggian sama sekitar 12 meter dari permukaan jalan.

Untuk pembangunan tahap pertama, infrastruktur jalan akan menghubungkan Jalan Casablanca dengan KH Mas Mansyur dan akan dilanjutkan dengan menghubungkan ruas Jalan KH Mas Mansyur menuju Cideng Barat.

Sistem pembiayaan dari APBD akan dibuat dengan "multiyears" sehingga tidak memberatkan anggaran dan untuk menjamin konsistensi proyek. "Untuk APBD 2010 pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar 160 miliar," kata Saiful. Sisa anggaran akan dialokasikan secara bertahap hingga tahun 2012. (ANT)


Sumber :
http://properti.kompas.com/read/xml/2010/05/19/20090839/jalan.layang.antasari.55.km.dibangun.agustus.2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar